Kamis, 07 Oktober 2010

Apa itu Tata Kelola Data / Data Governance


Ada beberapa pengertian tentang tata kelola data atau data governance. Sebagian kuambil dari literatur yang didapat lewat browsing di internet. Diantaranya adalah :

Tata kelola data adalah pengambilan keputusan dan kewenangan untuk hal-hal yang berhubungan dengan data. Tata kelola data adalah suatu sistem hak keputusan dan akuntabilitas untuk memproses informasi yang berhubungan, dilaksanakan sesuai dengan model dan yang menggambarkan tentang siapa yang dapat mengambil tindakan apa, dengan informasi apa, kapan waktunya, dalam keadaan apa, menggunakan metode apa (The Data Governance Institute, 2010).
Tata kelola data juga dimaksudkan sebagai orkestrasi formal dari manusia, proses dan teknologi yang memungkinkan suatu organisasi untuk meningkatkan data sebagai aset perusahaan (The MDM Institute, 2010).
Tata kelola data didefinisikan sebagai proses, kebijakan, standar, organisasi, dan teknologi yang dibutuhkan untuk mengelola dan memastikan ketersediaan, aksesibilitas, kualitas, konsistensi, auditabilitas dan keamanan data dalam perusahaan atau lembaga (Informatica, 2010).
Tata kelola data juga diartikan sebagai disiplin kualitas kontrol untuk menambah ketegasan untuk proses pengelolaan, penggunaan, meningkatkan dan melindungi informasi organisasi (IBM, 2010).
Tata kelola data dapat pula didefinisikan sebagai proses yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengelola kuantitas, konsistensi, kegunaan, keamanan dan ketersediaan data (Cohen, 2006).
Tata kelola data merunut pada badan organisasional, aturan, hak pengambilan keputusan, akuntabilitas dari orang dan sistem informasi sebagai kinerja dalam proses informasi yang saling berhubungan (G. Thomas, 2006; Gwen Thomas, 2006).

Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa pada prinsipnya tata kelola data adalah proses, kebijakan, standar, organisasi, dan teknologi yang dibutuhkan untuk mengelola dan memastikan ketersediaan, aksesibilitas, kualitas, konsistensi, auditabilitas, dan keamanan data dalam organisasi untuk meningkatkan data sebagai aset organisasi agar data tersebut dapat digunakan untuk pengambilan keputusan sesuai dengan tingkat kepatuhan terhadap standar data yang telah ditetapkan dan juga berisikan kemampuan untuk secara proaktif mengidentifikasi perubahan data dalam organisasi dan mengkomunikasikan perubahan-perubahan itu kepada sesuai peruntukkannya.

Sumber :
The Data Governance Institute. (2010). Data Governance Definition. Retrieved July, 29, 2010, from http://www.datagovernance.com/adg_data_governance_definition.html
The MDM Institute. (2010). What is Data Governance ? Retrieved July, 29, 2010, from http://www.tcdii.com/whatIsDataGovernance.html
Informatica. (2010). Lay the Foundation for a Well-Managed Organization with a Data Governance Program. Retrieved July, 29, 2010, from http://www.informatica.com/solutions/data_governance/Pages/index.aspx
IBM. (2010). IBM Data Governance : Why IBM? Retrieved July, 29, 2010, from http://www.ibm.com/ibm/servicemanagement/us/en/data-governance.html
Cohen, R. (2006). BI Strategy: What's in a Name? Data Governance Roles, Responsibilities and Results Factors. DM Review.
Thomas, G. (2006). Alpha Males and Data Disaster: Brass Cannon Press, USA.
Thomas, G. (2006). The DGI Data Governance Framework. The Data Governance Institute.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar